Learning and teaching

Berbagi ilmu pengetahuan belajar dan mengajar

Sistem temu kembali informasi (bag 1)

Sistem temu kembali informasi (information retrieval)

Banyak mahasiswa yang saya tanya mengenai “Apakah sistem temu kembali informasi (information retrieval) itu?” pasti berakhir dengan diam seribu bahasa atau gelengan kepala. Tetapi ketika saya menanyakan “Apakah kalian pernah menggunakan google?” jawabannya pasti menyenangkan karena semua mengangguk dan bilang “pernah”. Hal ini menujukkan betapa terkenalnya mbah google dibandingkan mbah buyutnya si sistem temu kembali informasi ini. Padahal google merupakan search engine yang merupakan salah satu aplikasi dari sistem temu kembali informasi.

Sebenarnya apa sih definisi dari sistem temu kembali informasi dan kenapa saya bilang sistem temu kembali informasi itu adalah mbah buyut sedangkan google adalah mbahnya. Definisi dari sistem temu kembali informasi adalah pencarian informasi dari dokumen yang tidak terstruktur untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membaca negeri 5 menara dan menentukan siapakah tokoh utama dalam novel tersebut.  Sekarang dibandingkan dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencari tokoh utama dalam novel tersebut dengan menggunakan google. Membaca novel tentu butuh berhari-hari khususnya saya yang jarang punya waktu untuk membaca novel. Tetapi dengan menggunakan google, informasi yang saya cari langsung muncul bahkan lengkap sinopsis dan daftar semua tokoh yang ada dalam novel tersebut. Novel adalah salah satu bentuk dokumen tidak terstruktur dan apabila kita menginginkan informasi dalam novel tersebut secara manual kita harus mencari di halaman demi halaman yang kita baca. Tetapi dengan adanya aplikasi sistem temu kembali informasi kita sangat dimudahkan selain waktu yang cepat kita tidak perlu bersusah payah membaca satu per satu halaman .(Hal ini bukan berarti saya menyuruh tidak membaca keseluruhan novel negeri 5 menara lho karena kenyataaannya saya sudah membaca dan isinya bagus sekali).

Sekarang pernahkah berpikir kenapa google bisa tahu dokumen yang kita cari dan menampilkannya di urutan-urutan atas dokumen hasil pencarian kita. Pernahkah kita terkagum-kagum kok google bisa tahu kalau kita melakukan kesalahan penulisan kata kunci dengan memunculkan alternatif kata kunci. Atau hanya dengan menulis satu kata kunci, google juga memberikan pilihan kata kunci selanjutnya. Semua itu dapat terjawab dengan mempelajari sistem temu kembali informasi. Penjelasannya bisa ditunggu dipostingan selanjutnya… :)

 

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*